Gunadarma University

Fungsi dan Cara Menggunakan Capo Pada Gitar


Apa itu Capo Gitar? 
Capo adalah perangkat yang dipasang di fret untuk menekan string/senar gitar maupun instrumen musik bedawai lainnya, sehingga meningkatkan nada setiap string secara bersamaan. Misalnya saja di sebuah lagu ada chord G, C, dan D, anda bisa menaikan satu nada jadi A, D, dan E, dengan cara memasang capo gitar di fret kedua. Capo juga mempermudah memainkan barre chord (seperti chord F, B, dan chord lainnya yang biasanya menggunakan jari telunjuk untuk menutupi dua string atau lebih).

Sejarah Capo pertama kali oleh Giovanni Battista Doni dengan menggunakan istilah dalam bukunya Annotazioni dari 1640, meskipun penggunaan capo kemungkinan mulai awal abad ke-17 . Capo dipatenkan oleh James Ashborn dari Walcottville, Connecticut, Amerika Serikat. Capo paling sering digunakan untuk meningkatkan pitch instrumen.
Baru-baru ini capo lebih fungsional dan variatif, seperti gambar diatas, capo tersebut menggunakan alumunium alloy yang sudah support bass, violin, gitar dan ukulele.

Bagaimana cara menggunakan capo ?
Cara menggunakannya sangatlah mudah,cukup di jepit pada bagian fret yg diinginkan seperti video di bawah ini.


Berapa harga capo pada umumnya ?
Harga capo berkisaran dari 50rb-250rb tergantung merk & kualitas tentunya.

Rekomendasi Capo yg bagus dan murah ?
Capo yg bagus dan murah bisa pilih merk Meideal,harganya kisaran 100rb,kenapa saya bilang bagus ? Karena bahan dari capo ini menggunakan alumunium alloy seperti capo-capo branded yg jauh lebih mahal contohnya : planetwav*s/d*nlop.


Fungsi dan Cara Menggunakan Capo Pada Gitar Fungsi dan Cara Menggunakan Capo Pada Gitar Reviewed by Blog Gundar on 00:21 Rating: 5

1 comment:

Template Awesome Inc... Powered by Blogger.